tips pengobatan katarak


Katarak adalah pengaburan lensa di mata yang memengaruhi penglihatan. Sebagian besar katarak berkaitan dengan penuaan. Katarak sangat umum pada orang tua. Pada usia 80, lebih dari setengah dari semua orang Amerika memiliki katarak atau menjalani operasi katarak.

Katarak dapat terjadi di salah satu atau kedua mata. Itu tidak bisa menyebar dari satu mata ke mata yang lain.

Lensa terletak di belakang iris dan pupil. Ini berfungsi seperti lensa kamera. Ini memfokuskan cahaya ke retina di bagian belakang mata, di mana gambar direkam. Lensa juga menyesuaikan fokus mata, memungkinkan kita melihat segala sesuatu dengan jelas baik dari dekat maupun jauh. Lensa sebagian besar terbuat dari air dan protein. Protein diatur dengan cara yang tepat yang menjaga lensa tetap jernih dan membiarkan cahaya melewatinya.

Tetapi seiring bertambahnya usia, beberapa protein dapat menggumpal dan mulai mengaburkan area kecil lensa. Ini adalah katarak. Seiring waktu, katarak dapat tumbuh lebih besar dan mengaburkan lebih banyak lensa, membuatnya lebih sulit untuk dilihat.

Peneliti menduga ada beberapa penyebab katarak, seperti merokok dan diabetes. Atau, mungkin protein dalam lensa hanya berubah dari keausan yang diperlukan selama bertahun-tahun.

Gejala katarak yang paling umum adalah:
  • Visi berawan atau buram.
  • Warna tampak pudar.
  • Silau. Lampu depan, lampu, atau sinar matahari mungkin tampak terlalu terang. Halo dapat muncul di sekitar lampu.
  • Visi malam yang buruk.
  • Penglihatan ganda atau banyak gambar dalam satu mata. (Gejala ini bisa hilang saat katarak membesar.)
  • Perubahan resep yang sering terjadi pada kacamata atau lensa kontak Anda.
Cara penanganan katarak yang disarankan oleh Artria:

Gejala katarak dini dapat ditingkatkan dengan kacamata baru, pencahayaan lebih terang, kacamata hitam anti-silau, atau lensa pembesar. Jika langkah-langkah ini tidak membantu, operasi adalah satu-satunya perawatan yang efektif. Pembedahan melibatkan pengangkatan lensa yang keruh dan menggantinya dengan lensa buatan.

Katarak perlu dihilangkan hanya ketika kehilangan penglihatan mengganggu aktivitas sehari-hari Anda, seperti mengemudi, membaca, atau menonton TV. Anda dan profesional perawatan mata Anda dapat membuat keputusan ini bersama. Setelah Anda memahami manfaat dan risiko operasi, Anda dapat membuat keputusan tentang apakah operasi katarak tepat untuk Anda. Dalam kebanyakan kasus, menunda operasi katarak tidak akan menyebabkan kerusakan jangka panjang pada mata Anda atau membuat operasi lebih sulit. Anda tidak harus terburu-buru menjalani operasi.

Terkadang katarak harus dihilangkan meskipun tidak menyebabkan masalah dengan penglihatan Anda. Sebagai contoh, katarak harus dihilangkan jika mencegah pemeriksaan atau pengobatan masalah mata lain, seperti degenerasi makula terkait usia atau retinopati diabetik.

Jika Anda memilih operasi, profesional perawatan mata Anda mungkin merujuk Anda ke spesialis untuk menghilangkan katarak.

Jika Anda memiliki katarak di kedua mata yang membutuhkan pembedahan, pembedahan akan dilakukan pada setiap mata pada waktu yang berbeda, biasanya terpisah empat minggu.

Kunjungi juga:


Subscribe to receive free email updates: