Apa Itu Kalazion? Ini Penjelasannya!


Sebuah kalazion adalah kondisi umum yang mempengaruhi kelopak mata dan disebabkan oleh penyumbatan kelenjar di kelopak mata. Pembengkakan (kista) biasanya terasa seperti benjolan kecil. Jarang, itu bisa terinfeksi. Jika menyebabkan masalah dan tidak menyelesaikannya sendiri, dapat diobati dengan suntikan atau dihilangkan dengan operasi kecil.

Chalazion adalah pembengkakan berisi cairan (kista) kecil (2-8 mm) di kelopak mata. Itu umum dan kadang-kadang disebut kista meibomian atau kista tarsal. Chalazion lebih sering terjadi pada kelopak mata atas. Dimungkinkan untuk memiliki beberapa sekaligus, dalam lebih dari satu kelopak mata. Itu tidak sama dengan tembel

Apa yang menyebabkan chalazion?
Ada kelenjar kecil tepat di bawah permukaan bagian dalam kelopak mata, yang disebut kelenjar meibom. Ini membuat cairan berminyak yang disebut meibum untuk membantu melumasi mata. Jika kelenjar tersumbat maka meibum tidak bisa lepas ke air mata. Ini dapat berkembang menjadi pembengkakan (kista) dan bocor ke jaringan kelopak mata. Ini menjadi meradang. Seiring waktu, peradangan menyebabkan benjolan (atau granuloma) terbentuk di kelopak mata. Ini adalah benjolan padat dan kokoh yang bertahan lama. Benjolan ini adalah chalazion.

Chalazion lebih umum pada orang yang memiliki kondisi mata blepharitis, atau kondisi kulit seperti eksim, karena dalam kondisi ini meibum cenderung lebih tebal sehingga kelenjar lebih mudah tersumbat. Lihat selebaran terpisah yang disebut Tembel dan Blepharitis untuk detail lebih lanjut.

Apa saja gejala chalazion?
Gejala yang biasa adalah benjolan kecil yang berkembang di kelopak mata. Kadang-kadang menyebabkan rasa sakit atau iritasi ringan, terutama jika baru saja dimulai - ini biasanya mereda. Jarang, ia terinfeksi. Itu kemudian menjadi lebih bengkak, merah dan menyakitkan. Penglihatan tidak terpengaruh, meskipun sangat kadang-kadang bisa menjadi cukup besar untuk menekan bola mata dan mengubah pandangan.

Apa pengobatan untuk chalazion?
Tidak ada perawatan yang diperlukan karena hampir setengah orang menjadi lebih baik tanpa perawatan apa pun. Ini bisa memakan waktu antara dua dan enam bulan tetapi jika chalazion tidak menyebabkan masalah bagi Anda, mungkin yang terbaik adalah hanya menonton dan menunggu rekam medis

Kompres panas membantu meringankan ketidaknyamanan. Pegang kain flanel bersih yang telah di air panas dengan lembut tapi kuat terhadap mata tertutup selama 5-10 menit, 3-4 kali sehari. Terkadang kehangatan dan sedikit tekanan ini cukup untuk melunakkan isi dari pembengkakan yang dipenuhi cairan (kista), membantunya mengalir lebih mudah. (Airnya harus panas tapi nyaman dan tidak mendidih.)

Salep antibiotik, tetes dan obat - obatan tidak dianjurkan karena tidak ada bedanya - isi kista bebas infeksi (steril).

Pijat kista setelah menggunakan kompres panas dapat mendorong kista mengering. Lakukan ini dengan lembut, dengan jari bersih atau cotton bud, ke arah bulu mata.

Membersihkan kelopak mata dua kali sehari menghilangkan lemak dan sel-sel kulit mati yang dapat berkontribusi pada pembentukan kista. Solusi sampo bayi yang lemah dalam air hangat sangat ideal.
Operasi kecil adalah pilihan jika bermasalah atau persisten. Dokter Artria dapat merujuk Anda ke ahli bedah mata (dokter mata) untuk ini. Operasi ini biasanya dilakukan dengan anestesi lokal, meskipun anak-anak dan beberapa orang dewasa mungkin tidak mentolerir hal ini dan mungkin memerlukan anestesi umum. Kelopak matanya mati rasa. Potongan kecil kemudian dibuat pada bagian dalam kelopak mata untuk melepaskan isi kista dan dikerok. Setelah operasi, tetes antibiotik atau salep biasanya diresepkan.

Apakah ada komplikasi?
Kebanyakan chalazia tidak menyebabkan masalah. Jarang, kista dapat terinfeksi dan infeksi ini dapat menyebar melibatkan seluruh kelopak mata dan jaringan di sekitar mata. Kelopak mata mungkin sangat bengkak dan merah. Anda mungkin tidak dapat membuka mata dan Anda mungkin memiliki banyak rasa sakit dan suhu tinggi (demam). Jika Anda mengalami jenis komplikasi ini, yang disebut selulitis orbital, Klinik Anda perlu menemui seorang profesional medis segera. Perawatan selulitis orbital adalah dengan antibiotik, biasanya ke dalam vena (intravena) melalui infus, di rumah sakit.

Akankah ini terjadi lagi?
Bagi kebanyakan orang, chalazion terjadi sekali saja. Namun, beberapa orang cenderung mengembangkannya dan mereka mungkin kembali (berulang). Anda mungkin dapat mencegah hal ini dengan menggunakan kompres panas pada kelopak mata (dijelaskan di atas) dan memijat kelopak mata setiap pagi.

Subscribe to receive free email updates: